Penerapan Jarak Tanam Legowo 2


Tujuan Jarak Tanam Legowo 2

Maksud  penerapan jarak tanam legowo 2 diantaranya untuk memperoleh pengaruh tanaman pinggiran, agar pertumbuhan tanaman padi dapat berkembang dengan optimal.  Sekaligus  dapat meningkatkan jumlah populasi tanaman padi sebesar lebih kurang 30% dibandingkan dengan ukuran tegel biasa.

Jarak  Tanam Legowo 2

Legowo  2 jarak tanam yang dianjurkan adalah dengan mengambil ukuran 50 cm x 25 cm x 12,5 cm.   Dimana untuk setiap dua lajur  tanaman padi diambil jarak tanam 25 cm dan diberikan  satu  lajur yang kosong tanpa tanaman.  Hal ini untuk memberikan efek atau pengaruh pinggiran yang diharapkan.   Sementara untuk setiap baris tanaman (jarak antar tanaman) diberikan jarak 12,5 cm (rapat).

Agar pengaruh dari border effect ini dapat dirasakan oleh tanaman, maka pembuatan lajur tanaman sebaiknya melintang utara selatan. Hal ini untuk memberikan kesmepatan pada tanaman untuk mendapatkan pencahayaan sinar mata matahari yang maksimal. Sementara barisan tanaman membujur barat – timur.

Pola Ukuran Tanam Legowo 2 (50 cm x 25 cm x 12,5 cm)

Pola Caplakan untuk tanam legowo 2 (50 cm x 25 cm x 12,5 cm)

Pola hasil tandur pada tanam legowo 2 (50 cm x 25 cm x 12,5 cm)

 

Keuntungan Jarak Tanam Legowo 2

Dibandingkan dengan jarak tanam tegel (persegi) dengan ukuran 25 cm x 25 cm, jika dihitung jarak tanam legowo 2 mampu memberikan tambahan populasi dalam 1 meter persegi sebanyak 5 rumpun. Artinya pada jarak tanam tegel   25 cm x 25 cm, populasi tanaman sebanyak 16 rumpun, sedangkan pada legowo 2, mencapai 21 rumpun. Sehingga  mampu meningkatkan populasi tanaman padi kira kira 30%.  Dalam hitungan per hektar maka jumlah populasi tanaman dengan jarak tanam tegel mencapai + 160.000 rumpun, dengan legowo 2 mencapai + 210.000 rumpun.

Beberapa keuntungan lain dari pelaksanaan tanam jajar legowo 2 adalah :

    • Semua barisan rumpun tanaman berada pada bagian pinggir yang biasanya memberi hasil lebih tinggi (efek tanaman pinggir);
    • Pengendalian hama, penyakit, dan gulma lebih mudah;
    • Menyediakan ruang kosong untuk pengaturan air, saluran pengumpul keong mas, atau untuk mina padi;
    • Penggunaan pupuk lebih berdaya guna.

Kendala Jarak Tanam Legowo 2

Diantara yang menjadi faktor kesulitan dalam melaksanakan tanam legowo 2, adalah penggunaan caplak dengan dua ukuran. Yakni caplak dengan ukuran 25 cm – 25 cm – 50 cm, untuk membuat lajur legowo, dan caplak kedua dengan ukuran 12,5 cm – 12,5 cm – 12,5 cm untuk membuat baris legowo.   Selain itu, bagi petani yang belum terbiasa dengan legowo 2 ini, maka pada saat tandur, awalnya akan mengalami kesulitan.  Karena belum terbiasa dengan pola setiap dua jajar tanaman dikosongkan satu jajar.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: