Potret lembaga tani saat ini


Hingga saat ini potret lembaga tani di Indonesia diakui masih belum optimal dalam menjalankan fungsi kelembagaan yang diharapkan. Atau dengan kata lain lembaga tani kita saat ini belum melembaga secara formal. Beberapa aspek masih melekat pada kondisi lembaga tani kita saat ini diantaranya :

–       Minimnya wawasan dan pengetahuan petani terhadap aspek manajemen produksi maupun manajemen pemasaran.

–       Belum terlibatnya petani secara utuh dalam kegiatan agribisnis.  Saat ini petani masih konsern pada aspek on farm.

–       Peran lembaga atau organisasi tani belum berjalan secara optimal.

Kelompok tani belum dapat memerankan perannya sebagai organisasi usaha tani yang bertujuan untuk mengembangkan usaha, meningkatkan inovasi dan perluasan pemasaran. Seperti halnya gapoktan, pada dasarnya pembentukan gapoktan adalah sebagai gateway institution yang menjadi penghubung antara petani satu desa dengan petani-petani lainnya. Longgarnya eksistensi kelompok tani dan gapoktan saat ini ditengarai karena beberapa alasan diantaranya ; belum adanya visi kepentingan yang sama diantara anggota, belum adanya kader tani yang berdedikasi dalam menggerakan petani lainnya, dan aspek leadership yang masih kurang. Padahal kalau kita mengacu kepada konsep pengembangan dan penumbuhan kelompok tani, salah satu aspek yang diperhatikan adalah bahwa aktivitas kelompok tani harus berdiri diatas kepentingan seluruh anggotanya.  Kegiatan-kegiatan dalam kelompok tani yang dikelola akan tergantung kepada kesepakatan anggotanya.  Bisa didasarkan kepada jenis usaha, dan unsur-unsur sektor kegiatan usaha misalnya, penyediaan input, pemasaran, atau pengolahan hasil panen. Dalam penumbuhan kelompok tani biasanya akan memperhatikan kondisi kesamaan kepentingan, faktor sumberdaya alam, sosial ekonomi, dan keserasian. Sehingga dapat menjadi faktor pengikat untuk kelestarian hidup kelompok, dimana setiap orang akan merasa memiliki dan menikmati manfaat dari kehadiran kelompok tani.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: